RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 7 : Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskrip-tif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau te-man dalam bahasa In-donesia
lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk memban-tu
pemahaman
4.1 Mengamati dan
meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indo-nesia
lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator ;
¡ Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang
dibaca.
¡ Menceritakan kembali isi teks deskriptif yang dibaca
tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡ Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak
hidup.
¡ Memberikan tanggapan tentang pengelompokkan benda hidup dan
benda tak hidup.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator ;
¡ Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda.
¡ Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
¡ Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan
kem-bali dengan kalimat sendiri dan memecah-kan masalah yang ber-kaitan dengan
penjum-lahan dan pengurang-an terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya
Indikator ;
¡ Mengurutkan bilangan 61-80.
¡ Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡ Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu
kelompok.
¡ Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam
satu kelompok.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks
deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda
hidup dan benda tak hidup dengan benar.
¡ Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat
mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan
pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat
mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak
anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama
bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang
bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan
benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Klasifikasi Benda Hidup dan Benda Tak Hidup
¡ Aturan Pengelompokan Benda
¡ Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61-80
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Benda, Hewan dan
Tanaman di Sekitar”.
¡
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡ Siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai benda di sekitar kita. Benda terbagi menjadi dua,
yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup seperti manusia, hewan,
dan tumbuhan. Selain benda hidup, di sekitar kita juga banyak benda tak hidup, seperti batu, air,
udara, tas, sepatu, dan lain-lain. Beri penjelasan mengenai udara. Meskipun
tak terlihat, udara adalah bagian dari benda yang sangat dibutuhkan oleh
benda hidup, begitupun dengan air. Tambahkan penjelasan pentingnya bersyukur
atas rahmat Tuhan ini, dan sebagai benda hendaknya bersyukur dengan cara
memelihara alam, menjaga udara dengan mengurangi polusi, dan menjaga air
dengan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar yang ada di buku lalu siswa
diminta untuk keluar kelas beberapa menit dan mengamati benda apa saja yang
ada di luar dan di dalam
kelas. Siswa berada di beberapa tempat yang berbeda agar pengamatan bisa
lebih luas.
¡
Siswa
mengamati dengan saksama sehingga data yang dihasilkan dapat mewakili benda
hidup dan benda tak hidup.
¡
Siswa
menyebutkan apa saja benda yang mereka lihat sebanyak mungkin. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mengelompokkan benda yang dilihatnya ke dalam kelompok benda hidup dan benda
tak hidup. Guru membantu menuliskan jawaban siswa pada papan tulis dengan
menggunakan tabel.
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan tambahan dari guru ketika siswa masih keliru dalam
mengelompokkan benda.
¡
Siswa
mengamati gambar yang ada pada buku, lalu mereka menentukan mana yang
termasuk benda hidup dan benda tak hidup. Siswa menggunting dan menempelkan
gambar benda hidup dan benda tak hidup pada kolom yang tersedia di buku
siswa.
¡
Siswa
mendapatkan kartu berisi gambar benda hidup dan benda tak hidup. Guru
menyiapkan dua buah kotak yang sudah diberi label “Benda Hidup” dan “Benda
Tak Hidup”.
¡ Secara bergiliran siswa maju, lalu
menunjukkan kartu tersebut kepada temannya. Setelah itu, siswa akan menentukan termasuk
kelompok mana kartu yang dimilikinya. Jika gambar yang dimilikinya bukan
termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Tak
Hidup”. Jika termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak
“Benda Hidup” (Mengasosiasi)
¡ Siswa lainnya diminta mengamati
agar bisa saling memberi masukan jika ada temannya yang keliru dalam
mengelompokkannya.
¡
Simpan hasil pengelompokan ini untuk digunakan pada pertemuan berikutnya saat
mengenalkan ciri-ciri benda hidup.
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan dan manfaatnya.
Pengelompokan benda dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Pengelompokan
bisa berdasarkan sifat atau cirinya. Pengelompokan akan memudahkan
identifikasi.
¡ Siswa mengerjakan latihan untuk menentukan pengelompokan benda yang ada
pada buku siswa. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah
kegiatan bagian dua :
¡
Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru mengenai
aturan pengelompokan. Setelah sis-wa dapat menentukan pengelompokan benda,
ajak siswa menebak gambar benda dan menen-tukan gambar tersebut termasuk benda hidup atau tak hidup
dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan. (Mengamati)
¡
Sebelum
mengurutkan angka, siswa mende-ngarkan penjelasan guru mengenai nama dan
lambang bilangan 61 sampai dengan 80.
¡
Ajak
siswa menyebutkan angka 61-80 secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
¡
Guru
membantu menuliskan nama bilangan pada papan tulis, misalnya 61 = enam puluh
satu, 72 = tujuh puluh dua.
¡
Siswa
bermain menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80.
¡
Gunakan
dua set kartu terlebih dahulu (atau disesuaikan dengan jumlah siswa yang
ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru bisa ikut serta dalam permainan
tersebut.
¡ Setiap siswa diberi satu kartu nama dan bilangan
61-80.
¡
Guru memberi aba-aba permainan dimulai, dan siswa diminta
mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu bertuliskan angka 62, harus mencari temannya yang
memiliki kartu bertuliskan enam puluh dua.
¡
Siswa
melihat hasil kerja temannya, dan memberi masukan jika ternyata masih keliru.
(Mengasosiasi)
¡
Setelah
semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka berbaris berurutan mulai dari
yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan meminta siswa mengurutkan mulai
dari yang terbesar.
¡
Setelah
permainan usai, siswa diminta menyelesaikan tugas menebak benda dengan cara
menghubungkan angka 61-80 secara berurutan seperti yang ada pada buku siswa.
Minta siswa menentukan gambar tersebut termasuk kelompok benda hidup atau
bukan.
¡ Kegiatan diakhiri dengan meminta
siswa mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu menentukan banyaknya anggota
kelompok benda dengan cara menuliskan nama dan lambang bilangan. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari
¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER &
MEDIA PEMBELAJARAN
Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan
Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup yang
ada di sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan, tumbuhan, dan gambar
benda di sekitar)
Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah, diberi label benda
hidup dan benda tak hidup
Kartu nama dan lambang bilangan 61-80 sebanyak 4 set
H. PENILAIAN
PROSES & HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisy
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zidan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen
penilaian: tes tertulis (lembar kerja) mengelompokkan benda, mengurutkan
bilangan 61-80, menulis nama dan lambang bilangan.
3. Penilaian keterampilan:
Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kemampuan menentukan benda hidup atau
benda tak hidup
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Siswa
dapat menentukan aturan pengelompokan
|
.....
|
.....
|
2
|
Siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan aturan
hasil diskusi
|
.....
|
.....
|
Unjuk Kerja Membaca dan Menceritakan kembali
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbingan 1
|
1
|
Membaca
|
Sangat lancar
|
Lancar
|
Kurang lancar
|
Belum bisa membaca
|
2
|
Menceritakan kembali
|
Sangat lancar
|
Lancar
|
Kurang lancar
|
Belum bisa bercerita
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
........, ...................... 20....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar